Bagi para pelaku usaha, strategi pemasaran online di marketplace harus dilakukan untuk membuat omset usaha semakin meningkat. Djoko Kurniawan, Konsultan Bisnis & Pakar Marketing Branding yang banyak menangani ratusan UKM di Indonesia mengatakan pentingnya pembuatan judul yang benar di marketplace agar bisa menarik bagi konsumen dan dapat ditemukan di mesin pencari. “Judul harus mampu menarik perhatian konsumen, dan membuat judul ternyata ada cara dan tekniknya,” jelas  Djoko Kurniawan di acara seminar yang diselenggarakan DK Consulting dan EduKadin Jawa Tengah dengan topik JUDUL, KONTEN, dan FOTO UNTUK MARKETPLACE.

Berikut teknik membuat judul yang menarik perhatian konsumen:
[Jenis + Merk + Keterangan + Kata Promosi].
Contoh penggunaannya:

Tas DEF Trendi dan Keren Berbahan Cerah.

Masker FGH Bahan Kain Anti Bakteri Motif Menarik.

Untuk membuat mesin pencari mengenali maka dapat ditulis seperti contoh berikut ini: Kue Ultah – cake ultah – mini cake – kue taart ulang tahun – birthday cake. Tekniknya adalah dengan menggunakan tanda – (minus) sebagai pemisah.

Selain JUDUL, pelaku usaha juga perlu mengetahui cara membuat DESKRIPSI produk yang pas agar bisa memberikan penjelasan kepada konsumen yang mau membeli. Deskripsi  produk yang lengkap juga akan mempercepat sebuah produk ditemukan oleh mesin pencari.

Untuk contoh Deskripsi misalnya:

Tas DEF Trendi dan Keren

NEW ARRIVAL

Ukuran Panjang: 16; Lebar : 10; Tinggi : 35

– Banyak Pilihan Warna

– Bahan Nyaman

– Harga Terjangkau

– Tahan Air

Jadwal Pengiriman Senin-Jumat.

Order sebelum jam 13.00 WIB, dikirim hari yang sama.

Order melewati jam 13.00 WIB, dikirim hari berikutnya.

Jaminan Barang Baru dan Lolos QC.

Beberapa tips untuk membuat DESKRIPSI adalah:

  • Menulislah seperti ketika Anda berbicara
  • Bayangkan ketika Anda sedang berbicara langsung dengan seseorang, tulis semuanya dulu, kemudian baca lagi, perbaiki jika masih ada  kalimat yang belum sesuai, kemudian baca lagi, perbaiki lagi jika masih ada  yang kurang, baca lagi sampai benar-benar bagus.
  • Jika diperlukan, minta feedback orang lain mengenai hasil akhir tulisan kita.

Perlu diperhatikan juga bahwa dalam membuat DESKRIPSI jangan hanya fokus pada FITUR tetapi harus menonjolkan MANFAAT.

Contoh:

Tas memiliki banyak resleting (FITUR)

harus diubah menjadi manfaat, yaitu:

Tas memiliki banyak tempat penyimpanan sehingga barang bisa dipisahkan satu dengan lainnya.

Sepatu dengan sol tebal (FITUR)

harus diubah menjadi manfaat juga, yaitu:

Sepatu nyaman dipakai karena terasa lebih empuk.

Di acara seminar yang diikuti peserta dari berbagai kota besar di Indonesia ini juga mengajarkan memuat FOTO dengan cara yang benar walaupun hanya menggunakan handphone. Banyak aplikasi gratis yang bisa dipakai untuk mengedit foto, seperti Canva dan lain-lain.

Djoko Kurniawan juga berpesan untuk memanfaatkan semua slot yang tersedia untuk foto. Dengan demikian konsumen akan lebih jelas ketika melihat foto. Semua foto juga harus milik sendiri dan tidak disarankan menggunakan foto milik pihak lain.

Di akhir seminar ini Djoko menegaskan bahwa Judul yang tepat dan didukung dengan deskripsi dan foto yang jelas untuk ditampilkan di marketplace akan lebih menarik minat konsumen, selain harga, ulasan dari konsumen lain, dan kredibilitas seller.

Jadi untuk bisa sukses menjual di marketplace, selalu pikirkan JUDUL yang PAS, FOTO yang MENARIK, danDESKRIPSI yang JELAS.